Cegah Bentrok Dua Kubu, Polda Metro Siagakan 659 Personel

Jakarta, PONTAS.ID – Mengantisipasi unjuk rasa oleh dua kubu yang mendukung maupun yang kontra Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Polda Metro Jaya menerjunkan 659 personel di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Ke 659 personel tersebut yang disiapkan untuk mengawal aksi unjuk rasa di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, merupakan gabungan Polda Metro Jaya dengan Polres Metro Jakarta Pusat.

Hal ini disampaika Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada wartawan saat dikonfirmasi.

“Polda Metro Jaya dan Polres Jakarta Pusat menurunkan kekuatan sekitar 659 personel di depan Balai Kota,” kata Yusri.

Petugas keamanan ini diterjunkan menyusul rencana dua elemen yang akan menggelar aksi unjuk rasa di Balai Kota DKI Jakarta, yakni massa pro Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan massa kontra Anies.

“Sesuai pemberitahuan ada dua. Satu yang mendukung kegiatan yang dilakukan gubernur, satu lagi memberikan masukan,” terangnya.

Berdasar selebaran yang disebarkan oleh kedua kubu, rencana demo akan dilakukan bersamaan yakni sekira pukul 14.00 WIB-17.00 WIB.

Meski diperkirakan akan menyebabkan arus lalu lintas tersendat, pihak kepolisian belum melakukan penutupan jalan dan melakukan pengalihan arus lalu lintas. Yusri menyebut pengalihan arus lalu lintas bersifat situasional dengan menyesuaikan kondisi di lapangan.

“Kita situasional saja melihat di lapangan, kalau perlu ditutup, tutup dua-duanya kalau massanya banyak,” pungkasnya.

Penulis: Suwarto/Deddy Muttaqin
Editor: Pahala Simanjuntak

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here