Terkait Pertanyaan Bupati Soekirman, Komisioner KPU RI dan Ketua KPU Sumut Mengelak

Komisioner KPU RI dan Ketua KPU Sumut ketika diwawancarai wartawan. (Dok. PONTAS.ID)

Sergai, PONTAS.ID – Ada hal yang sebenarnya sangat penting diketahui oleh masyarakat di Sergai, terkait banyaknya pendapat apakah Bupati Sergai, Soekirman, dapat mencalonkan dirinya kembali maju pada Pilkada Serentak Tahun 2020 mendatang, ataukah ‘kandas’ akibat terbentur dengan peraguran?

Menyikapi hal itu, Bupati Soekirman pun langsung to the point menjawabnya saat acara launching Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Tahun 2020 yang digelar KPU Sergai, Selasa (17/12/2019) kemarin.

Di acara tersebut hadir Komisioner KPU RI, Tantowi Pramono Ubait (Divisi Logistik); Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin; Ketua KPU Sergai, Erdian Wirajaya; Forkopimda Sergai, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Soekirman juga diselipkan pertanyaan yang menyangkut seputar dirinya pernah menjabat Wakil Bupati Sergai satu periode dan plus 26 bulan, sebelum diangkat sebagai Plt Bupati. Dan setelah Pilkada tahun 2015 silam, dirinya terpilih sebagai Bupati dan akan berakhir pada tahun 2021 nanti.

“Yang saya pertanyakan, mumpung di sini hadir Komisioner KPU RI dan Ketua KPU Sumut, secara transparan jika memang tidak menyalahi aturan, mana tahu dengan izin Yang Maha Kuasa saya bisa mencalonkan diri lagi, ya Insya Allah saya mencalonkan diri,” kata Bupati Soekirman.

Selesai Bupati Soekirman berbicara, Komisioner KPU RI, Tantowi Pramono Ubait, memberikan sambutan. Saat itu, Tantowi hanya mengutarakan soal pelanggaran yang tidak boleh dilakukan komisioner KPU selaku penyelenggara.

“Harus mengutamakan hak pemilih agar pemilu tetap aman, kondusif, jujur, adil dan selaku penyelenggara harus netral tidak memandang suku, ras dan agama dan tidak berpihak kepada salah satu parpol,” kata Tantowi.

Komisioner KPU RI ini sengaja mengulur waktu,hingga suara adzan Dzuhur terdengar dan cepat-cepat menutup pembicaraan. Indikasinya disengaja untuk tidak menyinggung pertanyaan dari Bupati Soekirman tadi.

Bahkan, saat protokol sedang rehat karena suara Azan, PONTAS.ID mencoba menghampiri Komisioner KPU RI dan Ketua KPU Sumut yang lagi duduk berdampingan guna konfirmasi terkait pertanyaan  Soekirman.

Tetapi, jawab Komisioner KPU RI yang sebelumnya bisik-bisik dengan Ketua KPU Sumut, hanya singkat saja, “Nanti ya bang akan kami jawab, soalnya belum kami pelajari duduk soalnya secara lengkap,” kata Tantowi sengaja mempersingkat waktu.

Saat diwawancarai kru televisi, pertanyaan tadi pun kembali diajukan oleh PONTAS.ID dan keduanya tak mampu mengelak lagi karena kamera televisi mengarah kepada keduanya.

Tantowi berucap,”Silakan Pak Soekirman mendaftar jadi calon dulu, nanti kalau kami kasih jawabannya sekarang, nggak tahunya gak jadi mencalonkan diri kan jadi masalah? Tapi semuanya itu sudah diatur dalam PKPU nomor 18 Tahun 2019, jelas itu tercantum dalam PKPU tersebut, jadi gak usah khawatirlah,” katanya kembali berdiplomasi.

Penulis: Andy Ebiet

Editor: Riana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here