Perbaikan Irigasi Pertanian, Warga Apresiasi Pemkab Malang

Plt. Kepala Dinas PU SDA, Avicenna (inset), Dinas PU-SDA Kabupaten Malang selain memperbaiki saluran irigasi juga memasang plang larangan membuang sampah di Desa Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Malang, PONTAS.IDDinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (DPU-SDA) Kabupaten Malang terus melaksanakan program pembangunan maupun perawatan saluran irigasi di lokasi pertanian.

Kali ini giliran saluran irigasi di Desa Talok, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Irigasi tersebut selama dua bulan belakangan ini telah selesai dilakukan perbaikan. Tidak hanya itu, papan imbauan tidak membuang sampah di lokasi irigasi pun juga sudah terpasang.

“Hal ini bertujuan untuk menjadikan air yang mengalir ke lahan pertanian tidak akan menimbulkan bau maupun pencemaran lingkungan di lahan pertanian. Perbaikan yang dilakukan Dinas PU SDA serta larangan membuang sampah di saluran irigasi juga bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di kala musim hujan,” kata Plt. Kepala Dinas PU SDA Kabupaten Malang, Avicenna di kantornya, Rabu (15/5/2019).

Avicenna menambahkan, perbaikan saluran irigasi tersebut merupakan upaya pihaknya untuk memastikan distribusi air terhadap lahan sawah di 33 kecamatan di Kabupaten Malang berjalan lancar. “Perbaikan dan pemasangan papan larangan membuang sampah dirasa perlu agar semua sawah bisa teraliri dengan air yang bersih,” ungkapnya.

“Selain itu, peningkatan jaringan irigasi tersebut sangat dibutuhkan oleh para petani. Dan semua itu untuk membantu para petani guna meningkatkan produktivitas pertanian mereka dalam rangka menyukseskan program ketahanan pangan di tingkat nasional,” kata dia.

Terpisah, warga sekitar pembangunan tersebut kini merasa terbantu, “Kami merasa terbantu dengan perbaikan saluran ini mas, karena selain sudah diperbaiki, juga sudah terpasang papan larangan membuang sampah. Semoga warga lainnya tidak akan membuang sampah ke saluran irigasi lagi,” terang salah seorang warga.

“Kami atas nama masyarakat di sini sangat berterima kasih dengan perbaikan dari pemerintah, karena dengan perbaikan dan pemasangan papan larangan membuang sampah di saluran air, diharapkan nantinya lingkungan Desa Talok, Kecamatan Turen menjadi bersih dan nyaman,” pungkasnya.

Penulis: Bagus Yudistira
Editor: Pahala Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here