Awas! e-KTP Orang Lain Bisa Gunakan NIK Anda

Ilustrasi Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP)

Medan, PONTAS.ID – Kisruh pembuatan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) kembali tejadi. Kali ini terjadi di Kota Medan, dimana Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga yang baru pertama kali merekam e-KTP, ternyata sudah dipakai oleh orang lain.

Hal ini dialami salah seorang warga, Mawar (nama samaran). Gadis berusia 18 tahun itu mengaku terpaksa harus menunggu selama enam bulan hingga dua lagi lantaran NIK miliknya yang tercatat di Kartu Keluarga (KK) milik orangtuanya, telah digunakan orang lain.

“Saya dirugikan, karena kata petugasnya harus menunggu 6 bulan sampai 2 tahun baru bisa diproses,” kata Mawar kepada PONTAS.id, di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemerintah Kota Medan, Rabu (7/11/2018).

Mawar pun mengaku bingung lantaran tidak mengantongi identitas apapun, bahkan surat keterangan untuk dirinya tidak dapat diterbitkan instansi terkait karena kasus ini.

“Saya hanya bisa pasrah tidak mengantongi identitas apapun. Pihak Dukcapil maupun Kecamatan tidak ada mengeluarkan sepotong suratpun sebagai pengganti KTP saya,” kata Mawar.

Terpisah, Kepala Dinas Dukcapil Kota Medan, OK Zulfi mengakui kejadian yang dialami Mawar merupakan kasus yang biasa terjadi di Kota Medan.

Dia juga mengakui, prosedur yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penggunaan NIK oleh orang lain tersebut bisa memakan waktu hingga dua tahun, “Cuma ini prosedurnya memang memakan waktu, lantaran harus dilaporkan dulu ke Jakarta [Kemendagri],” tandasnya.

Penulis: Ayub Badrin
Editor: Hendrik JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here