Sandiaga Mau Belajar Perikanan Asal Jangan Ditenggelamkan

Jakarta, PONTAS.ID – Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menanggapi komentar pedas Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti terhadap pernyataannya soal izin kapal nelayan. Susi meminta Sandiaga mempelajari kebijakan di bidang perikanan. Menurut Susi, banyak literatur yang mudah diakses bila ingin mempelajari soal perizinan penangkapan ikan agar tak terprovokasi dan menjadikannya sebagai komoditas politik.

Menurut Sandiaga, dia akan mulai mempelajari terkait kebijakan perikanan. “Ya bagus ya, nanti, lagi mulai belajar. Asal nggak ditenggelamkan saja lah,” kata dia di Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Kamis (18/10/2018).

Susi geram atas pernyataan Sandiaga Uno saat menyambangi tempat pelelangan ikan di Karangsong, Indramayu pekan lalu. Di sana, Sandiaga menemui nelayan yang mengeluhkan soal surat perizinan penangkapan ikan. Para nelayan mengeluhkan tidak dapat melaut diakibatkan oleh birokrasi yang rumit.

Susi meminta agar Sandiaga lebih baik mempelajari surat izin penangkapan ikan atau SIPI ketimbang asal-asalan berkomentar. Ia juga mengingatkan Sandiaga untuk berhati-hati berpendapat dengan berkaca pada kasus hoaks operasi plastik Ratna Sarumpaet.

Seperti diketahui, peraturan penangkapan ikan yang dibuat Susi diberlakukan untuk kapal-kapal berukuran besar di atas 30 GT (Gross Tonnage). Adapun kapal kecil milik nelayan tak dikenai aturan tersebut. Untuk nelayan yang ukuran kapalnya di bawah 10 GT, Susi sudah membebaskan perizinan sejak 7 November 2017

Editor: Idul HM

Previous articleKetua DPR Minta Usulan Kaca Antipeluru Jangan Digoreng
Next articleSanksi Pidana Pelibatan Anak Diingatkan dalam Politik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here