Anies Tak Masalah Kerja Tanpa Wagub, Tapi…

Jakarta, PONTAS.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya tak terlalu bermasalah dengan kondisi saat ini, yang mengharuskan dia bekerja memimpin ibukota tanpa adanya sosok pendamping, yakni seorang wakil gubernur (wagub).

Pasalnya, kata dia, masih ada jajarannya yang dapat membantu kinerjanya dalam memimpin Jakarta. Antara lain yakni seperti para kepala Satuan Kerja Tingkat Daerah (SKPD), ataupun asisten dan deputinya.

“Kan ada deputi, asisten, jadi secara pekerjaan, di lingkungan Pemprov tidak ada masalah. Toh, semua keputusan selama ini tanda tangannya ada pada gubernur,” kata Anies pada wartawan di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (8/10/2018).

Akan tetapi, Anies tetap mengaku kewalahan jika sudah menyangkut agenda-agenda kegiatan yang merupakan acara di luar kantor. Sehingga, banyak agenda yang seharusnya dihadiri oleh dirinya, namun akhirnya harus dilepas atau ditinggalkan karena tidak ada wakil gubernur.

“Yang terasa itu adalah dengan eksternal, kegiatan dengan eksternal yang banyak sekali pertemuan dengan pemerintah pusat, pertemuan dengan pihak luar, yang mengatasnamakan Pemprov DKI,” ujarnya.

Anies lantas mengapresiasi kinerja Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah yang masih dapat mewakili dirinya ataupun wakil gubernur di beberapa agenda. Dia hanya berharap proses pemilihan nama wagub DKI yang baru dapat dilaksanakan secepatnya.

“Ketika dahulu lebih leluasa, karena yang berangkat dalam pertemuan gubernur atau wakil gubernur. Dua-duanya, dipandang sebagai representasi kepemimpinan,” tutur dia.

Editor: Risman Septian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here