KPU Minta Susunan Tim Kampanye Harus Selesai Sebelum 23 September

Komisioner KPU, Hasyim Asy'ari.

Jakarta, PONTAS.ID – Komisioner KPU Hasyim Asy’ari mengimbau agar susunan tim kampanye bisa selesai sehari sebelum masa kampanye dimulai.

“Susunan Tim Kampanye dapat disampaikan paling lambat sehari sebelum kampanye. Artinya ini fleksibel sifatnya, maksudnya siapa tahu ada orang dalam daftar tim kampanye lalu mengundurkan diri, nggak sanggup atau siapa tahu ada nama baru. Masa kampanye dimulai pada 23 September,” ujar Hasyim di Media Center KPU, Jakarta, Selasa (21/8).

Hasyim pun menjelaskan kedatangan sekjen gabungan parpol Jokowi-Ma’ruf Amin yang datang ke KPU pada Senin (20/8) guna menyampaikan penyempurnaan nama-nama tim kampanye. Pun dengan pasangan calon Prabowo-Sandiaga sudah menyediakan nama-nama tim kemenangan saat mendaftar di KPU, 10 Agustus lalu.

“Misal ada perbaikan, penyempurnaan, tetap diakomodir KPU. Prinsipnya, masing-masing masih berkonsolidasi untuk memperluas siapa saja yang bergabung ke tim kampanye,” tuturnya.

Tercatat tujuh pejabat negara masuk dalam tim kampanye pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin yaitu Wakil Presiden RI Jusuf Kalla sebagai ketua pengarah, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sebagai dewan penasihat, kemudian Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani sebagai dewan pengarah, Sekretaris Kabinet Pramono Anung sebagai dewan pengarah, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko sebagai wakil ketua, dan Johan Budi sebagai juru bicara tim kampanye.

Menanggapi hal tersebut, Hasyim memperbolehkan para pejabat negara atau menteri-menteri kabinet mengikuti kampanye.

“Di undang-undang ditentukan bahwa menteri boleh berkampanye sehingga dengan begitu kalau yang bersangkutan masuk dalam daftar tim kampanye ya tidak masalah. Hanya saja secara konkrit kalau ada menteri mau berkampanye itu berlaku ketentuan harus cuti. Kapan? Pada saat dia kampanye.”

Previous articleSepanjang 2018, DKI Peroleh Investasi 58,7 Triliun Rupiah
Next articleLSI Rilis Hasil Survei Jokowi-Ma’ruf Amin Unggul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here