Syafruddin Jadi Menteri, Komjen Ari Dono Jabat Wakapolri

Jakarta, PONTAS.ID – Komisaris Jenderal (Komjen) Ari Dono Sukmanto resmi menjabat sebagai Wakapolri, menggantikan Komjen (Purn) Syafruddin yang kini telah menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Ari dilantik pada Jumat siang, 17 Agustus 2018.

Pelantikan tersebut langsung dipimpin oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan. Sebelum menjabat Wakapolri, Ari menempati jabatan sebagai Kabareskrim Mabes Polri.

Sedangkan, posisi Kabareskrim saat ini gantikan oleh Irjen Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia (As SDM).

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan penunjukan Ari sebagai Wakapolri telah diperhitungkan dengan matang. Pemilihan tersebut juga sudah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Presiden RI Joko Widodo.

“Dari dua nama yang saya sampaikan, dan beliau setelah saya beri masukan pak Ari Dono sebagai Wakapolri. Dia cukup berhasil dengan Polda Sulteng sebagai Kabareskrim juga bagus. Dia menangami satgas pangan cukup selesai,” kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jumat (17/8/2018).

Menurut Tito, sosok Ari juga memiliki jiwa kepemimpinan yang mumpuni. Memiliki karakter yang tenang dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan.

“Secara¬†leadership¬†beliau yang termasuk cool tenang saya rasa akan jadi yang baik untuk membantu saya sebagai kapolri,” ujarnya.

Dalam acara pelantikan ini, sejumlah Perwira Tinggi (Pati) Polri mulai dari jenderal bintang satu hingga tiga hadir di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Namun, dari sekian banyak deretan para Pati Polri yang hadir, tak terlihat kehadiran dari Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis yang sebelumnya santar diberitakan akan dilantik sebagai Kapolri. Sementara itu, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi Arianto, justru terlihat menghadiri acara ini.

Editor: Risman Septian

Previous articleKirab Obor Asian Games Meriahkan Upacara Penurunan Bendera di Istana
Next articleTanggapi Kader Gerindra, Ini Penjelasan Timses Jokowi Soal Infrastruktur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here