Disdukcapil Yogyakarta Layani Percetakan e-KTP Aliran Kepercayaan

Disdukcapil Kota Yogyakarta, (Ist).

Jakarta, PONTAS.ID – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta mulai melayani pencetakan KTP elektronik (e-KTP) bagi penganut aliran kepercayaan.

“Sejak awal Agustus, kami sudah bisa melayani pencetakan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk penganut aliran kepercayaan karena aplikasi dari pusat sudah bisa digunakan,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta Sisruwadi, Jumat (10/8).

Ia mengatakan, aplikasi untuk pengisian kolom aliran kepercayaan itu sudah tersedia sehingga proses layanan pun sudah dapat dilakukan.

Dalam aplikasi baru tersebut, lanjutnya, sudah ada pilihan untuk pengisian kolom yang biasanya digunakan sebagai kolom agama menjadi penghayat kepercayaan.

“Hanya saja di e-KTP tidak muncul nama kelompok aliran kepercayaan yang dianut warga pemegang KTP,” ujarnya.

Dalam KTP-e, katanya, hanya ditulis penghayat kepercayaan saja tanpa adanya tambahan nama kelompoknya. Hal itu karena nama aliran kepercayaan yang ada dalam masyarakat itu sangat banyak.

Dia mengatakan, hingga saat ini tidak dapat memastikan secara pasti jumlah warga Kota Yogyakarta yang menjadi penganut aliran kepercayaan, namun diperkirakan jumlahnya bisa mencapai ribuan orang.

“Jika dulu mereka tidak bisa menampilkannya di KTP dan saat ini sudah diakui, dimungkinkan akan banyak yang melakukan perubahan di e-KTP,” katanya.

Editor: Idul HM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here