Sambut Asian Games 2018, 65 Ribu Orang Poco-Poco di Sudirman – Thamrin

Jakarta, PONTAS.ID – Puluhan ribu orang memecahkan rekor dunia dengan senam poco-poco di Monas, Jakarta, Minggu (5/8/2018). Bahkan Presiden Joko Widodo beserta wakilnya, Jusuf Kalla ikut ambil bagian dalam acara itu.

Mengenakan kostum merah putih bertuliskan poco-poco di bagian dada sebelah kanan, pria yang akrab disapa Jokowi itu tampak lihai ikut menggerakkan senam berlantun lagu daerah Maluku tersebut. Begitu pula dengan JK yang selalu tersenyum.

“Selamat berpoco-poco, semoga kita sehat, rakyat kita sehat, negara kita kuat,” kata Jokowi sebelum memulai pemecahan rekor dunia itu.

Tak hanya kepala negara dan wakilnya, istri mereka pun ikut serta bersenam poco-poco. Ibu Iriana dan Ibu Mufidah pun tampak lihai menggerakkan badan memgikuti irama.

Dalam acara ini, hadir pula sejumlah menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Setidaknya ada 65 ribu peserta yang ikut dalam senam poco-poco ini memadati Jalan Jenderal Sudirman – Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Acara ini tak hanya berlangsung di Monas, tetapi di jalan seputaran area Monas hingga ke Dukuh Atas.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi yang ikut hadir dalam kesempatan ini mengatakan, bahwa kegiatan bertajuk Senam Nusantara Poco-Poco 2018 ini merupakan salah satu acara untuk menyambut Asian Games 2018 yang akan dihelat dua pekan lagi.

“Acara ini juga dimaksudkan dalam rangka untuk menyukseskan hajat besar Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018. Tradisi Poco-Poco harus terus dimiliki bangsa Indonesia dan menjadi kebanggaan untuk dunia,” kata Imam ditempat yang sama.

Menurut Imam, para peserta yang ikut andil dalam acara itu sudah menyiapkan diri sejak lama. Bahkan, mereka juga menyempatkan diri bermalam dikawan Monumen Nasional (Monas).

Acara tersebut juga resmi memecahkan rekor dunia yang disertifikasi oleh Guiness Book World of Record. Imam pun berharap tradisi ini bisa terus dipertahankan.

“Yang terpenting dari ini semua adalah mengajak seluruh anak-anak bangsa untuk mencintai dan melestarikan nilai luhur tradisi dan keagungan para pendiri bangsa,” tukasnya.

Editor: Risman Septian

Previous articleLibas Timor Leste, Indonesia Masuk Semifinal Piala AFF U-16 2018
Next articlePDIP Gelar Pembekalan Bakal Caleg dan Konsolidasi Pemenangan Jokowi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here