Bersama Wagub DKI, Menpar Luncurkan Bus Wonderful Asian Games

Jakarta, PONTAS.ID – Guna memaksimalkan promosi pariwisata Indonesia pada event Asian Games 2018, Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya bersama Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Sandiaga Sallahudin Uno meluncurkan bus dengan branding logo Wonderful Indonesia (WI) dan Asian Games 2018 di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (26/7/2018) pagi.

Dalam kesempatan itu, Arief mengatakan bahwa penyelenggaraan event Asian Games 2018 akan memberikan dampak yang tinggi, baik berupa economic value atau direct impact berupa spending dari penonton atau wisatawan mancanegara (wisman) yang datang, maupun media value yang nilainya lebih tinggi.

Media value dari event sport tourism besarnya dua kali lipat dari direct impact. Untuk Asian Games 2018 yang diproyeksikan memberikan direct impact sebesar 170 ribu wisman dengan potensi devisa 3 triliun rupiah, media value-nya diproyeksikan lebih besar dari direct impact-nya,” kata Arief dalam peluncuran bus yang juga dihadiri oleh Ketua II Co-Branding Kemenpar Priyantono Rudito, Dirut TransJakarta Budi Kaliwono, Dirut DAMRI SN Milatia Moemin, dan Direktur Blue Bird Group Andrianto Djokosoentono tersebut.

Perhitungan nilai media atau media value dari event olahraga Asian Games 2018 tersebut, jelas Arief, dengan membandingkan (benchmark) dari penyelenggaraan MotoGP yang direct impact-nya sebesar 100 juta dolar AS, sedangkan media value-nya mencapai 200 juta dolar AS atau dua kali lipatnya.

“Tingginya media value MotoGP ini karena pemberitaannya yang luas disiarkan ke 60 negara melalui 200 perusahaan broadcasting atau saluran tevisi dunia,” kata Arief.

Perhitungan media value itu diperkirakan juga akan terjadi pada event Asian Games 2018 yang merupakan salah satu event olahraga terbesar di dunia. Indirect impact untuk Asian Games 2018 yaitu melalui media value dengan estimasi jumlah penonton TV (non-streaming) sebanyak 300 juta audiens, dengan standar biaya media 25 dolar per thousand viewers menghasilkan impact sekitar 105 triliun rupiah.

Asian Games yang juga merupakan event sport tourism menjadi ajang spektakuler untuk melakukan branding, sehingga pada momen tersebut Arief menggunakan momentum langka ini untuk branding Wonderful Indonesia, salah satunya dengan melakukan wrapping bus yang melayani jalur utama di Jakarta dan Bandara Soekarno-Hatta, yang rencananya berjumlah 100 bus, terdiri dari 64 bus TransJakarta, 20 Damri Airport Bus, dan 16 shuttle bus Blue Bird.

Branding Wonderful Indonesia dengan bus wrapping ini telah kita lakukan pada momentum World Cup 2018 Rusia dan Piala Eropa 2016 di Perancis. Selain itu sudah banyak kita lakukan di negara lain, misalnya pada bursa pariwisata dunia di ITB Berlin (Jerman), WTM London, dan kini pada momentum Asian Games 2018,” jelas Arief.

Ditempat yang sama, Wagub DKI, Sandiaga Uno mengapresiasi peluncuran branding Wonderful Indonesia untuk mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia ke seluruh dunia, melalui momen Asian Games 2018. Pria yang akrab disapa Sandi ini menyampaikan, bahwa branding Wonderful Indonesia pada bus bukan hanya sekedar logo, tapi juga komitmen untuk menyukseskan Asian Games 2018.

Branding bukan cuma logo, juga bukan hanya design grafis yang melambangkan Indonesia. Tapi ini juga sebagai komitmen kita sebagai tuan rumah untuk menyukseskan Asian Games 2018. Saya menawarkan pada Bapak Menteri Arief Yahya untuk melakukan branding Wonderful Indonesia juga di MRT yang dalam waktu dekat ini akan diresmikan,” kata Sandi.

Dia menambahkan, bahwa penyelenggaraan event Asian Games 2018 memberikan dampak ekonomi langsung pada Jakarta, di antaranya akan menciptakan 10 ribu lapangan kerja. “Kita harapkan direct impact juga lebih besar dengan datangnya para atlet, official, dan penonton mancanegara,” tuturnya.

Untuk diketahui, event Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018, akan diikuti 45 negara, dan diproyesikan menghadirkan 170 ribu wisman yang terdiri dari 10 ribu atlet, 5 ribu official, 5 ribu awak media internasional, dan 150 ribu penonton, dengan penerimaaan devisa diperkirakan mencapai 3 triliun rupiah.

Acara peluncuran bus tersebut sebagai salah satu upaya nyata co-branding yang dilakukan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan menggandeng 3 penyedia transportasi bus, yaitu TransJakarta, PT. DAMRI, dan Blue Bird Group untuk mempromosikan destinasi wisata Indonesia pada bus wrapping dengan mengambil momentum Asian Games 2018.

Editor: Risman Septian

Previous articleNotaris Dipersulit, ALB INI Minta Presiden Jokowi Turun Tangan
Next articleKPU Hanya Jalankan Perintah MK soal Bacaleg DPD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here