Banyak UKM Indonesia Sukses di AS

Hermawan Kertajaya

Jakarta, PONTAS.ID – Menjadi UKM di Indonesia tidaklah mudah, apalagi di negara orang. Namun berkat kegigihan dan ketekunan, banyak pengusaha UKM Indonesia yang sukses di Amerika Serikat.

Hermawan Kertajaya mengungkapkan hal itu saat ia berkunjung ke Philadelphia, salah satu negara bagian AS, pekan lalu.

“Saya bertemu dengan dengan banyak sekali UKM Indonesia yang ulet luar biasa,” kata Hermawan saat dihubingi PONTAS.ID, Jakarta, Rabu, (25/4/18).

Menurut Hermawan, rata rata mereka memang merantau ke Amerika Serikat karena ingin memperbaiki kualitas hidup.

Ia memberi contoh Adit , yang sudah di Philadelphia sejak 2001 punya usaha catering “Pecel Ndeso”.

Bersama isterinya yang juga berasal dari Surabaya , dia membangun usahanya berdasarkan pengalaman pernah bekerja di hotel di Indonesia maupun perusahaan catering di US.

Hermawan memaparkan, saat ini, ada sekitar dua puluh menu makanan Indonesia bisa dipesan melalui internet.

Lantas makanan makanan itu dibekukan untuk dikirimkan melalu jasa Pos keseluruh Amerika termasuk Hawai dan Alaska.

Contoh kedua, Agnes yang perempuan asal Sumatera membuat kue kering dengan resep Indonesia dan menerima pesanan dari mana mana.

Suaminya yang orang Amerika yaitu Mitch sekarang malah yang bikin kur nenas. Dulu di tawar tawarin kemana mana, sekarang permintaan datang sendiri.

Contoh pengusaha rantau sukses lainnya adalah Hanny Desiyanti, juga sudah lama di Amaerika dan memanage toko suvenir untuk para wisatawan.

Tokonya didekorasi sendiri dan dipenuhi dengan berbagai souvenir Philadelphia yang dibeli dari berbagai sumber.

Pemilik toko yang orang Korea sudah percaya penuh pada Hany untuk menjalankan tokonya secara penuh.

“Ketika berkumpul pada suatu Potluck Dinner-Talk tgl 22 Januari 2017,saya benar benar mengagumi semangat mereka setelah tau masing masing usaha mereka,” kata Hermawan.

Lebih lanjut ia mengatakan, yang disebutkan diatas hanya tiga contoh aja dari banyak sekali UKM Indonesia yang cukup sukses di Philadelphia.

“Waktu itu saya men sharekan tentang perlunya Konsep Marketing yang baik dan benar untuk melengkapi Semangat Kewirausahaan yang sudah demikian hebat,” ujarnya.

Hermawan yakin cerita mereka bisa menginspirasi para UKM di Indonesia.

Previous articleKemenkop Dukung Pengembangan Desa Wisata di Bali
Next articleMenpar: Bangga Garuda Indonesia Buka Direct Flight Mumbai-Denpasar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here