PAN Bantah Dukung Jokowi di Pilres 2019

Jakarta, PONTAS.ID – Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais membantah partainya telah menentukan dukungannya terhadap salah satu calon Presiden di Pilpres 2019.

Ketua Umum PPP M Romahurmuziy sebelumnya menyebut ada dua partai yang dalam waktu dekat akan mendeklarasikan untuk mendukung Jokowi pada Pilpres 2019.

“Kalau soal dukungan untuk capres cawapres kemudian menentukan koalisi dengan partai apa semua tentu akan melalui mekanise partai salah satunya resmi melalui rakernas,” kata Hanafi di gedung DPR, Senin (9/4/2018).

Menurutnya, semua keputusan penting harus diambil melalui forum tertinggi partai. Seperti halnya, ucap Hanafi, Rakernas PAN kemarin yang mendorong Ketua Umum Zulkifli Hasan sebagai calon wakil presiden.

“Artinya kalau Rakernas tahun ini Mei atau Juni sikap dukungan capres cawapres koalisi akan ditentukan di forum tersebut. Jadi kalau ada info di luar resmi tentu belum bisa jadi acuan,” katanya.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI mengutarakan, jika ada pengurus partai yang mendukung salah satu calon presiden, hal itu bukan keputusan partai melainkan pendapat pribadi.

“Pernyatan pengurus di PAN yang sifatnya tidak membawa partai mendukung siapapun kita tidak bisa melarang mereka memberikan dukungan nanti secara resmi akan diputuskan dalam rakernas. Sekarang pengurus memberikan dukungan sah-sah saja itu sikap pribadi,” tandasnya.

Bila mencermati peta politik saat ini, dari 10 partai yang memiliki kursi di parlemen, lima partai telah menyatakan dukungan kepada Jokowi, yakni PDIP, Golkar, ‎PPP, NasDem, dan Hanura.

Sementara Dua partai lainnya yakni Gerindra dan PKS telah mengeluarkan pernyataan untuk tetap seiring sejalan dalam pemilu, meski belum memastikan siapa calon yang akan diusung.

Melihat komposisi tersebut, hanya tiga partai yang belum menentukan sikap di Pemilu mendatang, yakni PKB, Demokrat, dan PAN.

Previous articlePremium Langka, Ini Perintah Presiden ke Pertamina
Next articleKemesraan Golkar dengan PDIP Diharapkan Jangan Cepat Berlalu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here