Satgas Pangan Sidak Untuk menarik Sarden Yang positif Bercacing

Jakarta, PONTAS.ID – Satgas Pangan Provinsi Jambi melakukan sidak dan menarik 27 merk produk ikan kemasan kaleng yang positif mengandung cacing parasit dari toko dan pusat perbalanjaan ritel makanan di Jambi.(29/3/)

Operasi yang dipimpin Sekda Provinsi Jambi M Dianto itu merupakan tindak lanjut dari hasil pemeriksaan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang menyatakan, dari 541 sampel ikan kemasan kaleng dari 66 merk yang diperiksa, sebanyak 27 merek (138 bets) terdeteksi positif mengandung cacing parasit.

Sebanyak 16 merek ikan kaleng bercacing tersebut merupakan produk impor dan 11 merek merupkan ikan sarden produksi dalam negeri.
roduk tersebut yakni, ABC, ABT, Ayam Brand, Botan, CIP, Dongwon, DR Firs, Farmer Jack, Fiesta Seafood, Gaga, HOKI, dan Hosen, Jojo, IO, Naraya, Poh Sung, Pronas, Sempio, TLC, TSC, Maya, Nago/Nagos, Pesca, LSC, Ranesa, S&W, dan merk Kings Fisher.

Pascapengumuman BPOM tersebut, Kamis (29/3), Satgas Pangan yang langsung diketuai Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, M Dianto, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah supermarket di Provinsi Jambi.

Sementara itu, menurut Kepala BPOM Jambi Ujang Supriatna, sebagian dari produk kemasan kaleng ikan makarel yang berbahaya untuk dikonsumsi tersebut, banyak beradar di toko ritel, warung di sejumlah kabupaten dan kota di Provinsi Jambi.
Editor: Idul HM

Previous articleGubernur BI yang Baru Diharapkan Bisa Stabilkan Rupiah
Next articleKementerian BUMN Optimis Kinerja Krakatau Steel Terus Meningkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here