Musa Rajekshah Ajak Warga untuk Kembalikan Kejayaan Wilayah Sejarah

Musa Rajekshah Cawagub Nomor Urut 1, (Foto:Ist)

Medan, PONTAS.ID – Pancur Batu merupakan salah satu nama kecamatan di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut). Wilayah yang mayoritas berpenduduk asli Suku Karo itu saat ini menjadi salah satu daerah penting di Deliserdang. Hal itu diungkapkan calon Wakil Gubernur Sumut nomor urut satu, Musa Rajekshah saat kunjungan politik terkait kampanyenya ke daerah tersebut.

Bang Ijeck, sapaan akrabnya, membuka memoar soal sejarah Pancur Batu saat bersilaturahmi dengan warga Melayu Karo, Desa Partampilan, Pancur Batu, di kediaman Bendahara Konfederasi Seikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Sumut, Daud Tarigan. Dia menceritakan, di masa zaman kolonial Belanda, nama wilayah itu lebih dikenal dengan sebutan Arnhemia. Ketika itu, Arnhemia direncanakan menjadi kota penting di Kabupaten Deliserdang.

“Makanya di sini terdapat fasilitas perkantoran pemerintahan, penjara, rumah sakit, kantor pos, pasar, terminal dan sebagainya. Dulu semuanya ada di sini, namun sekarang kami miris karena kondisinya minim perhatian pemerintah,” kata Ijeck Cawagub nomor urut 1, Medan, Kamis, (29/3/18).

Ijeck melanjutkan, merunut dari catatan sejarahnya, Arnhemia (Pancur Batu) dulu pun terdapat perkebunan tembakau milik Rotterdam Deli. “Inilah alasan kenapa di Pancurbatu terdapat stasiun kereta api yang bisa dibilang cukup besar pada masa jayanya,” ujarnya.

Dia mengajak, warga Pancur Batu untuk ikut serta mengambil peran dalam mengembalikan kejayaan wilayah yang memiliki banyak nilai sejarah tersebut. Bila peran masyarakat dilibatkan dalam pembangunan, maka tak ada lagi infrastruktur yang terbengkalai, serta sektor pertanian yang terombang-ambing akibat permainan harga yang merugikan petani.

“Mari kita awali peran itu dengan menggunakan hak pilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada 27 Juni 2018 dengan mendatangi lokasi tempat pemungutan suara. Dukunglah pasangan calon yang benar mengenal Sumut agar provinsi ini bermartabat. Pilih nomor urut satu pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah,” ucap Ijeck yang disambut riuh ratusan warga yang hadir.

“Saya maklum ada masyarakat yang bilang kami ini banyak janji karena ada maunya aja. Tapi saya berani menjamin, Pak Edy dan saya bukan orang yang terbiasa melanggar janji. Dan majunya kami pada Pilkada ini bukan karena kepentingan pribadi. Semua ini demi Sumut bermartabat,” tuturnya.

Hadir pada silaturahmi itu, Ketua PBB Sumut, Ketua KSPSI 1973 Sumut Uca Sinulingga, tokoh adat setempat, serta ratusan warga setempat.

Previous articleKementerian PUPR Teliti Dampak Terulangnya Longsor di Puncak Pass
Next articleEdy Rahmayadi Temui Tokoh Adat dan Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here