Ransomware Semakin Canggih, Bisa Bikin Komputer Mati Total

Jakarta, PONTAS.ID – Selain meningkat intensitasnya di 2018, serangan siber seperti Ransomware diperkirakan akan menjadi semakin canggih bahkan bisa membuat komputer mati total.

CEO Avnos Ivan Goh memprediksi, serangan siber yang akan mendominasi tahun ini adalah cryptomining malware dan ransomware.

“Melihat tren saat ini, kedua serangan tersebut akan meningkat 100 persen. Namun, dampak ransomware jauh lebih besar daripada cryptomining,” kata Avnos, Kamis (22/3/2018).

Jika cryptomining malware dapat membuat sebuah komputer menambang cryptocurrency secara diam-diam, ransomware dapat membuat sebuah komputer mengalami kerusakan permanen.

“Dampak paling parah dari ransomware adalah dapat membuat sebuah komputer mati total,” tuturnya kepada awak media.

Ia pun mengingatkan kepada semua pelaku usaha untuk lebih meningkatkan keamanan siber perusahaanya. Pasalnya, serangan siber kini akan menyasar ke semua industri tanpa terkecuali.

Senada dengan Ivan, Heru Sutadi selaku Direktur Eksekutif Indonesia ICT Institute mengatakan, ransomware seperti Wannacry dan Petya akan terus berevolusi.

“Kedua malware tersebut hanyalah awal. Bakal ada lebih banyak turunannya lagi yang lebih ganas,” jelasnya mengenai ransomware

Previous articleMUI Godok Fatwa Tentukan Potongan Gaji PNS untuk Zakat
Next articleJika Menang, Gus Ipul Janjikan Tambah BOSDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here