Baznas Tunggu Fatwa MUI Soal Zakat ASN

Kantor Baznas (ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Sekjen Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jaja Jaelani mengatakan, lembaganya masih menunggu fatwa dari MUI soal pengumpulan zakat bagi aparatur sipil negara (ASN).

Persoalan Zakat ASN sebelumnya sempat menjadi polemik karena terdapat pihak pro dan kontra. “Itu masih dibahas oleh MUI. Kami menunggu,” kata Jaja usai konferensi pers soal Rapat Kerja Nasional Baznas 2018 di Jakarta, Jumat (16/3/2018).

Dia mengatakan, jika ada fatwa MUI soal zakat ASN maka akan menjadi pijakan dalam memberlakukan peraturan zakat bagi pegawai negara.

Dengan begitu, terang Jaja, undang-undang soal zakat ASN juga akan memakan waktu lagi seiring waktu tunggu terbitnya fatwa MUI soal zakat bagi pegawai negeri sipil.

Saat ini, kata dia, Baznas bekerja sama dengan unsur pemerintah, lembaga amil zakat dan pihak terkait melakukan komunikasi dan diskusi terkait zakat bagi ASN.

Pada hakikatnya, kata dia, setiap pihak agar terlibat dalam penyusunan undang-undang pengumpulan zakat ASN.

Intinya, lanjut dia, agar segala lapisan masyarakat turut berkontribusi dalam menggali potensi zakat di Indonesia yang sangat besar.

“Bagaimana menggali potensi zakat yang ada agar optimal, seluruh komponen zakat bisa turut serta,” katanya.

Previous articleSejajarkan Ahok dengan Nelson Mandela, Begini Penjelasan Emrus
Next articleProses Hukum Cakada Minta Ditunda, Bawaslu Keberatan dengan Permintaan Wiranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here