Jakarta, PONTAS.ID – Generasi milenial ternyata masih tertarik untuk merayakan hari Valentine atau hari kasih sayang. Berdasarkan survei pola perilaku belanja untuk valentine yang baru-baru ini dilakukan ShopBack menunjukkan, sebanyak 54,9 persen responden mengaku akan membelikan hadiah pasangannya untuk hari Valentine.
Uniknya sebesar 54,1 persen responden wanita yang paling bersemangat untuk memberikan sesuatu kepada pasangannya di hari kasih sayang tersebut. Survei yang dilakukan secara online terhadap lebih dari 1.100 responden dengan rentang usia 18-38 tahun ini dilakukan di Jabodetabek, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makassar.
Survei ini bertujuan untuk melihat pola perilaku belanja masyarakat Indonesia dalam merayakan Hari Valentine. Indra Yonathan, Co-Founder dan Country Head of ShopBack Indonesia mengatakan pola perilaku belanja masyarakat Indonesia pada saat merayakan hari spesial seperti Valentine mulai bergeser dari offline ke online.
“Berdasarkan survei yang kami lakukan, sebelum e-commerce marak di Indonesia, sebanyak 74.1 persen responden biasanya membeli hadiah untuk Valentine di toko offline, dan 25,6 persen selalu membeli hadiah Valentine di toko online,” ujar Yonathan
Yonathan menambahkan, dengan maraknya e-commerce serta didukung dengan infrastruktur yang memadai, masyarakat sudah mulai beralih membeli hadiah untuk Valentine secara online. Bahkan, sebanyak 47,7 persen responden mengaku dengan adanya e-commerce semakin sering membeli barang untuk hadiah Valentine.
“Angka ini naik hampir dua kali lipat dari sebelumnya. Adapun barang-barang yang paling banyak dibeli secara online adalah cokelat (45.8 persen), voucher makanan di restoran mewah (32.5 persen) dan boneka (19,9 persen),” kata dia.