Asik! Lansia Naik TransJakarta Gratis

Ilustrasi Penumpang TransJakarta, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – PT Transportasi Jakarta (Trans-Jakarta) membuka pendaftaran cetak kartu gratis naik Trans-Jakarta untuk lansia. Pendaftaran baru dibuka, kemarin, dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB di kantor Trans-Jakarta di Jalan Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur.

Untuk pendaftaran hari ini, sudah ada setidaknya 1.500 pendaftar baru, dan 500 pemilik resi sementara yang dipegang warga sejak 2016 sebagai kartu akses. “Untuk melakukan pendaftaran layanan gratis naik Trans-Jakarta, warga cukup membawa identitas diri, yakni fotokopi KTP, pas foto 3×4 sebanyak dua lembar, dan fotokopi Kartu Keluarga (KK) ke kantor Trans-Jakarta,” ujar Head of Division PT Trans-Jakarta Wibowo, Jakarta, Selasa, (23/1/18).

Dikutip dari laman Mediaindonesia.com, Layanan ini tidak dipungut biaya, namun pembuatan kartu tidak bisa diwakilkan. Layanan pendaftaran akan terus dibuka, tergantung stok kartu yang dicetak Bank DKI. “Kami buka terus. Ke depannya kami juga bakal buka di kecamatan-kecamatan dan halte-halte Trans-Jakarta,” ucap Wibowo.

Layanan Trans-Jakarta gratis ini sejatinya dibuat bukan hanya untuk lansia. Berdasarkan Peraturan Gubernur No 26 Tahun 2017 ada sejumlah kategori yang mendapatkan layanan gratis dengan TJ Card, antara lain lanjut usia KTP DKI Jakarta (usia 60 tahun ke atas), penyandang disabilitas, anggota Veteran Republik Indonesia (Kartu Legiun Veteran), pemilik Kartu Perlindungan Sosial (KPS Jabodetabek), dan warga pemegang KTP Kepulauan Seribu.

Selain itu, pengurus masjid (marbot), pendidik dan tenaga kependidikan pada pendidikan anak usia dini (PAUD), juru pemantau jentik (jumantik), serta anggota TNI dan Polri harus menggunakan seragam dan menunjukkan kartu tanda anggota (khusus TNi dan Polri, tidak perlu melakukan perpanjangan). “Kami sudah sosialisasikan bahwa resi sementara bisa ditukar dengan kartu asli di halte-halte. Tapi umumnya tidak diambil,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here