ESDM Resmikan Pusat Informasi Geopark Danau Toba

Kementerian ESDM Ingnasius Jonan Resmikan Geopark Danau Toba, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meresmika Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Danau Toba di Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Selain meresmikan Pusat Informasi Geopark, pada kesempatan tersebut juga ditandatangani pula naskah penyerahan Pusat Informasi yang disampaikan kepada Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berharap agar ke depan geocenter ini dapat berkembang menjadi geocenter berstandar internasional. “Tolong agar dapat dioperasikan dengan baik. Kita bantu dan dukung Pemkab untuk mengisi dan mengoperasikan. Ini adalah salah satu geopark di atas gunung yang terbesar di dunia, bahkan di Eropa saya tidak lihat yang sebesar ini. Tantangannya adalah bagaimana membuatnya menjadi pusat tujuan wisata,” kata Ignasius Jonan, selaku Menteri ESDM, Jakarta, Jumat, (19/1/18).

Selain operasional dari Pusat Informasi ini, infrastruktur juga menjadi perhatian Pemerintah. “Nanti prasarana kereta api relnya diperbaiki dari Medan ke Siantar yang tadinya 3 jam kalau itu diperbaiki nanti itu bisa 1 jam,” lanjutnya.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudy Suhendar menyampaikan, peresmian ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah untuk mempercepat proses pengakuan Kaldera Danau Toba sebagai warisan geologi dunia dan masuk menjadi anggota UNESCO Global Geopark.

 

Geopark merupakan wilayah geografis terpadu dengan mengedepankan perlindungan lanskap dan situs geologi yang berkelanjutan dan menjaga keseimbangan antara konservasi, edukasi dan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Indonesia memiliki sekitar 40 geoheritage yang tersebar di berbagai provinsi. Selain Geopark Kaldera Toba, yang telah dan akan ditetapkan sebagai Geopark Dunia oleh UNESCO adalah Geopark Batur Bali, Geopark Gunung Sewu Yogya – Jawa Tengah – Jawa Timur, Geopark Merangin Jambi, Geopark Rinjani Nusa Tenggara Barat dan Geopark Ciletuh Pelabuhanratu, Jawa Barat.

Previous articleKedatangan Tim Khusus Jepang, Jokowi Minta Percepat Proyek Infrastruktur
Next articleJokowi Bakal Diusung Lagi oleh PDIP Pada Rakernas Bulan Depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here