Pelabuhan Kuala Tanjung Akan Jadi Pusat Industri

Pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, (Foto:Ist)

Kuala Tanjung, PONTAS.ID – Pelabuhan yang juga didukung dengan moda kereta api yang terintegrasi ini diharapkan dapat menarik investor sebanyak-banyaknya. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung selesai pada bulan Maret 2018. Dengan begitu, diperkirakan bulan April pelabuhan tersebut sudah dapat beroperasi.

“Untuk jalur kereta api mungkin akan selesai akhir tahun ini, bersamaan dengan itu Pelabuhan Kuala Tanjung juga akan selesai bulan Maret, sehingga April sudah berjalan. Untuk sementara, pelabuhan ini akan di-support dengan jalur jalan raya melalui jalan tol,”kata Budi Karya selaku Menteri Perhubungan, Kuala Tanjung, Rabu, (17/1/18).

Budi sendiri mengatakan, sejauh ini pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung tidak mengalami kendala apapun. Budi optimistis keberadaan pelabuhan ini akan menarik banyak investor, dengan dukungan sistem transportasi yang terintegrasi. “Selama ini pelabuhan-pelabuhan Singapura dan Port Klang yang digunakan, nanti bisa pindah ke sini,ā€¯ujarnya.

Pelabuhan Kuala Tanjung Jadi Pusat Industri

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi berharap Pelabuhan Kuala Tanjung dapat pusat industri menjadi kebangaan masyarakat Sumut. “Kalau kita lihat ini tinggal pembenahan sedikit, kita harapkan pelabuhan ini dapat menjadi pusat industri, apalagi nanti akan dikaitkan ada zona industri seluas 3.000 hektare, tentunya ini akan menjadi anugerah bagi Sumut,” kata teuku Erry Nuradi.

Rencananya, pengembangan hingga tahun 2040 akan menjadikan pelabuhan ini mampu menampung peti kemas hingga 7,2 juta teus, CPO 4,3 juta ton dan CK dan GC 4 juta ton. Selain itu, terdapat rencana pengembangan untuk menampung kapal curah cair maksimum 50.000 DWT, kapal peti kemas maksimum 60.000 DWT, pompa 250 ton/jam (8 unit) dan storage tank 110.000 ton. Pelabuhan ini juga akan terintegrasi dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

Previous articleAnggota Kongres AS Kritik Kebijakan AS-Korut
Next articleWagub DKI Esok Hari Akan Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here