Tol Balikpapan Samarinda 2019 Sudah Beroperasi

Desi Arryani Dirut PT Jasa Marga, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) menyatakan, hingga 2019 secara total akan ada tambahan 1.800 kilometer (km) jalan tol. Hal tersebut bisa tercapai jika pembangunan tol yang tengah digenjot pemerintah tidak terhambat oleh pembebasan lahan. Proyek pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,35 km yang terbagi menjadi 5 seksi sudah mencapai 46,704 persen. Sedangkan dalam sektor pembebasan lahan, sudah mencapai 96,68 persen.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arryani menjelaskan bahwa, optimis jalan tol pertama di Kalimantan tersebut dapat selesai di akhir 2018 sehingga dapat beroperasi pada awal 2019. Ia juga mengharapkan, nantinya jalan tol ini dapat menjadi cikal bakal Trans Kalimantan.

“Di akhir tahun 2018, mudah-mudahan jalan tol Balikpapan Samarinda dapat diselesaikan sehingga pada awal tahun 2019 jalan tol ini dapat beroperasi,” kata Desi selaku Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Jakarta, Jumat, (12/1/18).

Desi pun mengapresiasi langkah percepatan yang dilakukan PT JBS. Percepatan bisa dilakukan meski JBS memiliki masalah pada Tahura (Taman Hutan Rakyat), di mana setelah hampir satu tahun lamanya akhirnya Tahura dapat diselesaikan sehingga progres konstruksi dapat segera dilaksanakan dilahan tersebut.

Desi juga menyatakan dengan beroperasinya Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan memangkas biaya logistik karena distribusi barang antar dua kota tersebut menjadi lebih cepat. Pengguna jalan dapat memangkas total perjalanan 54 km, sehingga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan antara Balikpapan dan Samarinda, dari waktu tempuh semula menghabiskan 3 jam, nantinya dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam.

Previous articleRestitusi dan Kompensasi Jadi Catatan Positif 2017
Next articleMenteri BUMN Dukung Konektivitas 109 Bandara di Papua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here