Wagub DKI Jakarta Gelontorkan 3.000 Ton Beras

Sandiaga Uno wakil Gubernur DKI Jakarta, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Upaya penanggulangan kenaikan harga beras dilakukan pemerintah. Hari ini, 3.000 ton beras digelontorkan ke berbagai pasar di DKI Jakarta. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berharap cara ini dapat menstabilkan harga beras yang kini sedang melonjak.

“Dengan digelontokan 3.000 ton akan menstabilkan harga beras, karena di beberapa pasar yang dikategorikan pasar yang murah itu, sekarang harga sudah meningkat lebih dari 10 persen,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno selaku Wagub DKI Jakarta, Jakarta, Selasa, (9/1/18).

Pasokan beras akan diambil dari gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Beras itu akan disalurkan ke 112 pasar tradisional yang ada di DKI. Dengan begitu, aliran distribusi beras diharapkan akan kembali lancar.

Sandiaga memastikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjamin pasokan beras DKI akan tetap aman. Ia juga meminta PT Food Station untuk memenuhi pasokan beras dalam empat hingga lima hari ke depan. “Ini krusial, sangat penting, menunggu masa panen raya yang diperkirakan sekitar 1,5-2 bulan lagi dari sekarang,” ujar dia.

Ia pun akan menggunakan mekanisme pasar tradisional karena selama ini operasi pasar bisa membantu, tapi tidak menghadirkan kebijakan secara berkelanjutan atau berkesinambungan. Jadi, memang harus berdayakan pasar tradisional.

“Dan kebetulan kami sekarang masih menjabat sebagai ketua Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia. Kami memiliki kemampuan di 112 pasar di DKI yang menyalurkan beras untuk berkoordinasi dengan para pedagang pasar di 112 pasar itu untuk membantu menyalurkan beras ini dan tidak tersendat aliran distribusinya,” kata Uno.

Sebelumnya, Sandiaga mengumumkan adanya lonjakan harga beras di beberapa pasar di DKI Jakarta. Kenaikan itu mencapai 10 persen.

Previous articleSiang Ini, PKB akan Deklarasi Duet Sudirman Said-Ida Fauziah
Next articleBandung Siap Gelar Piala Presiden 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here