Pengamat: Jenderal Mulyono Dipertahankan Sebagai KSAD

Jenderal Mulyono KSAD, (Foto:Ist)

Jakarta, PONTAS.ID – Analis politik Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) Banten, Leo Agustino, menyatakan, rotasi di TNI AD belum lama ini menarik untuk dianalisis. Pasalnya, hal itu bisa memprediksi siapa yang akan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) pasca Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019).

“Jika tidak ada ‘kendala’, kemungkinan Jenderal Mulyono (KASAD saat ini) akan terus dipertahankan hingga pasca Pilpres. Apalagi usianya saat ini masih 56 tahun sehingga masih ada kesempatan untuk mengawal Pilpres pada tahun 2019,” kata Leo Agustino selaku Analisis Politik Untirta, Jakarta, Senin, (8/1/18).

Jika demikian, siapa kemungkinan yang menggantikan Jenderal Mulyono? Leo menyebut akhir-akhir ini tren pengangkatan KASAD selalu berlatar belakang dari tiga posisi yakni Wakasad, Pangkostrad, dan Dankodiklat.

“Merujuk pada skep kemarin, maka dua nama yang dirotasi muncul pada posisi yang saya sebutkan. Pertama, Pangkostrad yang saat ini dijabat oleh Letjen Agus Kriswanto, dan kedua Dankodiklat yang diisi oleh Letjen Andika Perkasa,” ungkapnya.

Pertanyaan selanjutnya apakah kedua nama ini punya kans untuk menjadi KASAD ke depan? Leo menilai Letjen Agus Kriswanto tidak berpeluang, sebab kini usianya sudah menginjak 57 tahun. Artinya, ada dua kandidat yakni Letjen Agus dan Letjen Andika Perkasa yang saat ini berusia 53 tahun. Di mana dua tahun ke depan menginjak usia 55 tahun. Dan boleh jadi di masa akhir usia pensiunnya mendapat jabatan Panglima TNI.

“Ini bukan tanpa alasan. Letjen Andika adalah mantan Dan Paspamres era Joko Widodo dan ia pun menantu Jenderal Hendropriyono (kolega dekat Megawati dari PDIP),” tuturnya.

Leo menambahkan, ‚Äékandidat lainnya ialah Letjen Tatang Sulaiman yang saat ini menjabat sebagai Wakasad. Usianya saat ini menginjak 52 tahun. “Lulusan Akmil tahun 1986 ini punya kesempatan tersebut meski tidak sebesar kans Letjen Andika,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here